Senin, 25 Mei 2009

KELOMPOK BELAJAR USAHA

Kabupaten Karawang memang sedang menggalakan pemberantasan buta aksara, Hampir 4 Tahun kebelakang Pemerintah Kabupaten ini tidak ada lelah-lelahnya untuk mengadakan berbagai kegiatan yang intinya untuk memberantas buta aksara, sehingga penduduk kabupaten karawang yang tidak bisa calistung nantinya mereka akan mendapatkan pembelajaran selama 32 hari dalam kegiatan kelompok belajar Keaksaraan Fungsional (Kf), ini telah berjalan selama 4 tahun dan hasilnya sangat memukau, keberhasilan kabupaten tersebut dengan mengandalkan KF Inofa Kreatif.

Sealin keberhasilan KF Inova Kreatif, Drs.H.Dadang S Muktar sebagai Bupati Kabupaten ini sidah menggulirkan dana untuk Taman Bacaan Masyarakat(TBM) yang sudah berjalan di beberapa Kecamatan yang ada di kabupaten yang terkenal dengan goyang jaipong, adanya TBM ini diupayakan agara para lulusan Keaksaraan Fungsional dapat membaca, menulis, berhitung dan mengaplikasikan pembelajaran yang telah mereka tempuh. Makanya pemerintah kabupaten karawang mengadakan TBM, Mobil Pintar berkeliling.

Baru-baru ini Pemerintah Kabupaten Karawang akan menggadakan Kelompok Belajar Usaha yang diperuntukan bagi lulusan warga belajar Keaksaraan Fungsional yang aktif dan mempunyai usaha, nantinya mereka belajar usaha melalui pembelajaran selama 3 bulan kedepan, kemudian mereka akan mendapatkan modal sebesar Rp. 500.000.00,-/warga belajar. Dana tersebut akan diberikan melalui Kelompok KBU yang ada di kecamatan di Kabupaten Karawang, setiap Kecamatan mempunyai tiga kelompok, satu kelompok terdiri dari 20 orang, sehingga satu keompok akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp.10.000.000.00,-. Dana tersebut dari anggaran APBD II Kab. Karawang Tahun 2009.

Pada kesempatan ini penulis mengikuti pelatihan Kelompok Belajar Usaha (KBU) yang diselenggarakan oleh Disnaker dan Dinas Pendidikan serta Pemda Kabupaten karawang yang bertempat di Balai Latihan Kerja (BLK Disnaker), pelatihan ini nantinya akan memberikan pengetahuan mengenai kiat-kiat wirausaha kepada warga belajar dan tutor pendamping

Senin, 18 Mei 2009

PENDAFTARAN MASUK UJIAN RSBI SMAN 1 KARAWANG

Bagi siswa-siswi yang ada di Kabupaten Karawang yang baru saja melaksanakan ujian nasional, sekarang sedang pusing-pusingnya mencari Sekolah yang cocok untuk mereka, walaupun pendaftaran belum dibuka, mereka sudah sibuk menyiapkan berkas-berkas dari mulai sekarang. seperti berkas tanda bukti telah mengikuti UN, kemudian Raport dari semester 1 samapi semester 5 di legalisir, kemuadian fhoto warna, surat keterangan diri diisi oleh kepla sekolah. dll

Walaupun Sekolah-sekolah lainnya belum membuka pendaftaran, tetapi SMAN 1 Karawang malah paling dulu membuka pendaftaran mulai tgl 1 sampai 15 mei 2009, kemudian siswa yang telah mendaftar akan mengikuti ujian/test RSBI yang telah dilaksanakan muali 18 - 20 Mei 29, ditambah wawancara orang tua murid pada tanggal 25-28 Mei 2009 yang berlokasi di Gedung SMAN 1 Karawang. Ujian ini diharapkan akan menjaring siswa yang kompeten dan berprestasi untuk masuk di kelas RSBI, peserta ujian/test masuk ke ruang RSBI total seluruhnya ada sekitar 400 siswa dari berbagai sekolah smp yang ada di karawang, dan ada juga dari luar kota bahkan dari luar provinsi, dari sekian peserta yang mendaftar tersebut, pihak sekolah akan menerima sebyanak 221 yang nantinya kan menempati ruangan yang bisa dibilang elit ( ber AC). Selain ruangan yang menggunakan pendingin, SMAN 1Karawang juga memperbolehkan siswa menggunakan Laptop, tetapi tidak diwajibkan dan bagi siswa yang berprestasi atau tidak mampu pihak sekolah juga menyediakan beasiswa. sedangkan mengenai biaya sekolah pihak sekolah menunggu hasil dari SK Bupati dengan rapat orang tua.

Setelah SMAN 1 Karawang yang akan menyusul membuka pendaftaran adalah SMAN 3 dan SMAN 5 Karawang, rencannya akan dibuka pada tanggal 1 Juni sampai 1 Juli 2009, jadi kepada masyarakat yang mempunyai anak yang mau melanjutkan ke sekolah lanjutan tingkat atas maka siap-siaplah untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah tersebut, karena kalau tidak disiapkan dari sekarang maka anak anda siap-siap ketinggalan.
Jadi jangan lupa pihak SMAN 3 akan membuka pendaftaran muali tanggal 1 Juni 2009, menurut security SMN 3 Karawang.

Sabtu, 16 Mei 2009

PUBERTY IN GIRLS


Puberty is a time of many changes, A girl's body starts changing after about age 8. Many Girls worry that they are not developing fast enough, or are concerned if they develop befor their friends do. Remember, each person has her own timetable. Some girls start puberty early, and some start later.

Most of changes of puberty are caused by chemicals called " hormons" that the body starts to produce. The main female hormons are estrogen and progesterone.

Breast start to grow when a girls is between 9 and 13. Many girls are concerned about the size and shape of their breast. Breasts comes in many diffrent sizes. So girls shouldn't worry if theirs are diffrent from their friends.

One breast may grow more quickly than the other, however, they will be about the same size when they finish growing. Public and underarm hair will start to grow next.

Menstrual periods ussualy star between the ages of 11 and 15, however, periods can begin as early as 9 and as late as 17.
This is what causes a period : about once month, a woman's body gets itself ready for pregnancy. The lining of the womb, or uterus, starta to thicken. About 2 weeks later, one of the ovaries releases an egg, or ovum. If sperm from men's body does not join with the egg, that is, it is not fertilized, then the thick lining of the uterus is not needed. In about another two weeks, her body gets rid of this lining through the vagina. This is called having a period, or menstruation
.
Many women are uncomfortable or have cramps during their periods. Excercise, a heating pad or hot water bottle, and a pain reliever can help. If these ideas don't work, ask a doctor or school nurse for help.

Period ussually last between 3 and 7 days. They may be longer or shorter, and bleeding may be heavier in some months than in other - especially when you first start having your period. Many things can affect your period, such as strees or sickness or fast weight loss. After a while, most women find that their periods become regular. Once periods are more regular, they happen about every 21 to 35 days, or 3 to 5 weeks.

If a women has intercourse then misses her period, she might be pregnant. If sperm joins with an egg a pregnant begins. The fertilized egg attaches itself to the thick linning of her uterus and starts to grow. Her body does not get ride of the linning and she does not have a menstrual period.
The female hormones also cause a woman's vagina to produce a discharge or mucus. This doesn't hurt or itch or smell bad, However, if u have a discharge that does hurt or itch or smell strong, see your doctor, you might have an infection.

Pimple or acne are common problem. Some suggestions re to wash with plain soap, not eat foods with lots of fat, not use skin moisturizers, and use lotions with benzoyl peroxide which can be bought without prescription at drug store. A doctor may also be able to prescribe medication.

DARI TUTOR PAUD KE TUTOR KF LALU KE PROVINSI















Pada kesempatan ini penulis diberikan mewawancarai seorang tutor KF yang berhasil memenangkan lomba Teacher of the year 2008 katagori tutor keaksaraan fungsional yang diselenggarakan pada tanggal 10 Juli 2008 di PKBM ISMA AL MUDAWAMAH Desa Jayamakmur Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat.
Lelaki berkulit kuning langsat itu sangat murah senyum dan kelihatannya easy going untuk diajak bicara, dan dia menyapa saya dengan penuh kesopanan tetapi sedikit gokil.

" Selamat ya anda telah mendapatan juara 1 (satu) !! " Terima kasih mas... saya juga senang sekali bisa lolos ke Provinsi..!! ujar pemilik bintang gemini, " katanya hadiahnya berangkat umroh ya ?" " Saya baru saja pulang mas dari mekah ," " wah.. sudah jadi haji dong..!" " Alhamdulillah mas... walau cuma jadi haji kecil saya bangga sekli, karena untuk pergi kesana kita harus mengumpulkan banyak uang, sedangkan saya serba geratis.." jawab laki-laki yang senang belajar berbahas inggris " o..ya, disana berapa hari ? kataku sambil minum sebotol teh " cuma 10 hari mas, tapi jadwalnya penuh banget..!" " semua itu dibiayai oleh siapa mas ? " Pak Gubernur !" " semua ada berapa orang yang pergi umroh ? " semuanya ada 45 orang !" "o.ya, sebelum maju ke tingkat Provinsi kamu juga melawan tingkat bakorwil 4 (tingkat purwakarta) kan ? " betul mas... ! ujar laki-laki yang hobynya surfing dan posting.

" By the way... hadiah dari pak bupati apa? " wah..Alhamdulillah belum mas..! " mungkin belum tahu kali mas, kalau saya sudah jadi juara 1, tapi mudah-mudahan lewat ini blog mereka bisa tahu ya mas..!" " ya saya berharap begitu juga, biar anda lebih giat dan termotivasi untuk mendidik ibu-ibu yang sudah anda bina selama ini. "lewat ini pula saya mau ngucapin kepada para juri yang telah memilih saya sebagai pemenang juara 1, khususnya Ibu Neni, Pak Endro, Pak Ketut, Ibu Otin dan semua para penilik dan Kabid serta Kasi PLS/PNF Kab. Karawang, mereka semua telah membantu saya dan menyisakan waktu untuk membantu saya, Terimakasih pula saya sampaikan kepada warga belajar KF Desa Jayamakmur Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang.
" Sudah dulu ya mas saya mau ke TBM dulu ! ujar laki-laki yang sedang menulis cerpennya di sela-sela tugas sebagai tutor semua program PLS " oke terima kasih ya !

demikianlah para bloger hanya itu yang bisa saya liput dengan Bapak Ahmad Saepudin yang tinggal di Blok Sawo Rt 07/02 Desa Makmurjaya Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang

KU JADI BESAR KARENA PAUD



PAUD HARUS MAJU DAN BERJAYA

Tadinya saya tidak tahu bahwa di kecamatan jayakerta itu ada PAUD (pendidikan anak usia dini) karena selama ini sepi-sepi aja dan nyaris tak ada kegiatan yang menycolok dikalangan anak pra sekolah, padahal di kecamatan ini memiliki data anak pra sekolah yang cukup tinggi, namun tak ada kegiatan yang melibatkan anak pra sekolah selama ini.
Tepat tanggal 13 Maret 2001 saya mencoba identifikasi anak-anak prasekolah, hasilnaya 2456 anak usia 0 – 6 Tahun yang ada di kecamatan Jayakerta belum tersentuh oleh pendidikan diusia dini, melalui wawancara para ibu rumah tangga mengatakan bahwa mereka sangat bahagia kalau di derah mereka ada kegiatan belajar anak di usia dini, “ Wah saya bahagia sekali kalau ada sekolah untuk anak- anak , saya kira ini ide yang sangat menarik untuk belajar mandiri sebelum anak -saya masuk SD..! " Ujar seorang ibu dengan muka manis. Maka secepatnya kami mengundang ibu-ibu yang punya anak balita, dalam acara tersebut saya dapat mengumpulkan sebanyak 25 anak untuk persatu kelompok, maka tercipta lah anak-anak yang sehat, cerdas dan ceria.

BERAT SEKALI COBAAN BUAT TUTOR
Dalam proses kegiatan belajar, Pos PAUD pertama kali sangat sulit untuk menciptakan sesuatu yang menarik agar pembelajaran tetap menjadi hangat,
Di karawang khususnya di Kecamatan Jayakerta, Tutor masih banyak yang tidak menggunakan metode BCCT, jadi banyak sekali Tutor yang keluar jalur . Dan pembelajaran mereka sangat minim untuk mengacu pada tema , ini bisa dikatakan “ asal kapanggih “ ( sembarangan), kendalanya memang karena tidak adanya sarana yang lengkap seperti APE, dan prasarana yang bisa menunjang proses pembelajaran, kemungkinan juga karena minim SDM yang menjadi pamong/tutor rata-rata bergelar SMP, walau begitu kita merasa bersyukur karena masih ada yang peduli dengan pendidikan usia dini, karena tanpa tutor yang ihklas beramal kegiatan itu tidak akan ada, mungkin juga masyarakat yang berada di plosok desa yang terpencil taka akan mengenal pendidikan anak usia dini.
Maka sewajarnya pemerintah harus memberikan kesejahteraan kepada tutor yang benar- benar ihklas mengajar anak-anak, " sebenarnya banyak sekali yang ingin jadi tutor paud, tetapi mereka banyak yang mengundurkan diri dan tidak tahan lama, ini di sebabkan mengajar di paud benar-benar harus tahan banting dulu, selain kebanyakan dari kalangan menengah kebawah mereka juga harus menyiapkan tema tuntutan dari PBM (Proses Belajar Mengajar) sedangakan sarana dan prasarana tidak ada atau kurang lengkap. Ini yang mengakibatkan proses BCCT yang kita kenal sekarang tak akan mereka kenal dan mungkin akan terlupakan bagi program paud yang ada didaerah terpencil seperti halnya di Kecamatan Jayakerta.
dan ini sangat dramatis keberadaan paud di kecamatan tersebut tak pernah dikenal oleh desa atau ibu PKK setempat, yang membuat aneh mereka cuma menyakan data apabila mereka kesulitan mencarai data, barulah mereka mengunjungi paud itupun kebnyakan datangnya setelah proses belajar mengajar telah selesai ( wb telah pulang).

INSENTIF BIKIN BANGGA TUTOR
Beberapa bulan lalu pemerintah mengucurkan bantuan insentif buat tutor paud, tetapi itu juga mereka harus berbagi dengan teman-temanya yang tidak mendapatkan, ini dikarenakan kuota terbatas, walau demikian tutor merasa bangga " Wah saya bangga bisa mendafatkan insentif walaupun cuma sedikit, komentar seorang tutor " Tetapi saya merasa diakui oleh pemerintah, kalau bisa sih insentif ini terus-terusan, agar saya dan teman-teman merasa nyaman dan punya harapan, karena ini akan menjadi motivasi atau stimulan buat kami yang ada dipaud."
" Harapan saya pemerintah harus tanggap dengan insentif tutor ini, karena PBM ini pasti akan tercapai dengan sukses seandainya pemerintah dengan cepat mengeluarkan insentif tahap kedua, uang itu juga kan bisa kita buat untuk APE kalau ada lebih..he..he.." Ujar Bu Imas yang sudah lima tahun jadi tutor paud al mudawamah.

MENGENAL HIMPAUDI
Waktu saya baru mendengar nama HIMPAUDI saya langsung kebayang orangnya gagah, pandai dan banyak duit, eh... saya jadi malu ketika mendapat undangan dari Dinas PLS untuk mengikuti pembuatan administrasi sekolah paud, disanalah pertama kali saya bertemu dengan teman-teman senasib dan sepenanggungan, kami disana bercerita dan bertukar pengalaman, ini membuat saya yakin bahwa paud bukan sekolah-sekolahan seperti kebanyakan orang bilang dan mencap bahwa paud sekolah-sekolahan yang tak pernah punya tempat dan tak punya kurikulum juga tak pernah punya guru yang kompeten " Lihat aja gurunya cuma lulusan SMP bisa dan tahu mereka cara mengajar anak Kecil (prasekolah)," Ujar seorang guru yang sudah ngajar di TK umum.
Lama-kelamaan saya mengajar dengan sabar dan terus belajar mencari informasi dan komunikasi dengan teman-teman. Akhirnya Juli 2007 saya diundang lagi oleh Dinas PLS untuk ikut pelatihan di Bandung tepatnya di Lembang Hotel Bumi Makmur Indah, Wakh saya bangga dan senang sekali bisa bertemu langsung dengan Ketua Himpaudi Provinsi atau wilayah dan Para Pendidik prasekolah yang sudah pengalaman dari Regional Jayagiri, yang membuat saya sangat bahagia lagi saya bisa bertemu dengan tutor paud seprovinsi Jawa Barat.
dan akhirnya saya lebih kuat lagi untuk belajar mengajar, tekad ini kuat untuk anak paud.
Terimakasih HIMPAUDI dan para pembina : Penilik, Kasi PLS serta Kabid dan semua yang telah membantu saya sehingga saya yakin sekali bahwa program PLS tetap diakui oleh pemerintah dan mudah-mudahan masyarakat menerima bahwa paud sama dengan pendidikan prasekolah juga, walau sampai saat ini mereka masih menutup mata.

DARI PAUD AKU JADI TUTOR KEAKSARAAN FUNGSIONAL(KF)
karena aku terbiasa mengajar di paud yang rata-rata wb berusia 2-6 tahun, aku kini bisa mengenal macam-macam karakter anak, mulai dari anak manja, bandel, mau menang sendiri sampai dengan anak yang autis aku pernah mengalaminya. itu semua aku lakukan dengan sabar, ihklas dan tanpa mengharap imbalan, kecuali mereka memberiku dengan tulus.
Mungkin karena aku ihklas, tulus dan rajin (secara continyu) akhirnya Allah membukakan jalan atau rejeki kepada ku yang tidak disangka-sangka. Hingga suatu hari aku di panggil oleh Bapak Penilik di Kecamatanku, yaitu aku dipercaya untuk menjadi tutor KF, karena waktu itu aku memang sangat membutuhkan pengalaman, akhirnya aku bisa mengajar KF tanpa harus mengganggu PBM di PAUD, karena kegiatan belajar di paud pagi kalau kegiatan belajar KF sore hari.
Setelah aku hampir dua tahun mengajar di Keaksaraan Fungsional (KF) dan aku tetap jadi tutor paud yang makin bertambah ilmu semenjak aku bergabung di himpaudi dan bisa punya banyak teman. Hingga suatu hari lagi-lagi aku direkomendasikan oleh para penilik untuk ikut lomba PLS berprestasi 2008 katagori tutor KF, maka aku raih kesempatan tersebut untuk menambah pengalaman, berawal dari ingin mencari pengalaman, gak disangka aku menang dari tingkat Kecamatan, terus Kekabupaten dan selanjutnya ketingkat Bakorwil 4 aku selalu menjadi juara I, terakhir aku bisa menjadi juara I (satu) Tutor KF tingkat provinsi, dan Alhamdulilah aku bisa umroh ke mekah dengan modal lomba dan mengajar dengan ihklas serta sabar kini orang memanggilku Pak Haji, tapi yang membuat aku lucu masak sekarang aku panggilannya Haji Buta Huruf, aku suka ketawa sendiri memikirkan ini mungkin karena mereka menilai aku hebat jadi Haji dari hasil mengajar Orang-orang Buta Huruf. tapi aku bangga.

Jumat, 15 Mei 2009

Bagaimana Caranya Membuat APE (Alat Permainan Edukatif)


Apabila kita berbicara mengenai PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini terkadang ingatan kita bahwa Paud berbeda dengan TK/RA, memang kadang kita tidak bisa membedakan Paud dan TK/RA. Baiklah dalam kesempatan ini terlebih dahulu penulis ingin memberikan sebuah penjabaran antara Paud dan TK/RA.
Sebenarnya Paud itu ya TK/RA juga Kober, TPA dan Pendidikan yang sejenisnya yaitu antara 0-6 tahun semua jenis pendidikan di usia itu disebut Paud, walau begitu mungkin karena ada perbedaan. Kalau TK/RA masuk kejalur pendidikan formal sedangkan Pos Paud, Kober dan sejenisnya disebut Pendidikan Non Formal dan yang ketiga adalah jalur Pendidikan Informal yaitu ketika bayi yang baru lahir sampai bayi tersebut mandiri dalam artian bisa berjalan dan berbicara itu diajarkan oleh Orang tua.
dengan adanya penjabaran ini semoga anda tidak keliru lagi dalam menyebut Paud, karena temuan penulis banyak guru-guru TK/RA yang tidak mau disebut guru Paud.

APE
APE adalah alat permainan edukatif setiap pembelajaran di usia dini tentunya kita harus menyediakan yang namanya APE, Karena dapat membuat anak jadi tambah senang dan bisa berexplorasi dengan pembelajaran sesuai tema, maka kita harus menyediakan alat edukatif tersebut.
Pembuatan APE sebenarnya mudah sekali asal kita cermat dan teliti, bahkan kita juga bisa mendapatkan atau membuat alat tersebut dengan bahan yang murah yang ada di saekeliling kita, bahkan dari bahan yang tadinya sampah hingga berjual ekonomis yang tinggi yang penting kita bisa memenejnya dengan baik dan seorang tutor harus kreatif.

Rabu, 13 Mei 2009

Kursus Untuk Tutor Paud Di Mulai

video

Tutor Paud di kabupaten Karawang boleh bangga dan gembira, karena pada tanggal 6-7 Mei 2009 Himpaudi Kabupaten Karawang telah mengadakan rapat panitia Kursus Tutor Paud Gelombang Ke 1, yang bertempat di PKBM Aditiya.

Menurut Ketua Panitia Hj.Nining Maryani S.E Kursus tersebut akan diselenggarakan mulai tanggal 13 Mei 2009 dan peserta bisa mendapatkan materi satu kali pertemuan dalam seminggu. Tapi kegiatan ini dilakukan dua hari dalam seminggu karena banyak peserta yang mendaftarkan diri. " Kami membagi peserta menjadi enam kelas, ini dikarenakan sangat membludak para tutor yang mendapaftarkan diri untuk menjadi peserta kursus." Kata Devi Sulaiman S.Com sebagai Sekretaris Panitia.

Semua Tutor Paud yang ada di Kabupaten Karawang sangat bangga dan gembira dengan adanya kursus untuk tutor Paud, ini bisa dilihat keikutsertaan peserta yang sangat antusias, dan ini dikarenakan mereka ingin menambah pengalaman dan ingin menjadi profesional dalam mengajar anak-anak usia dini dilingkungannya masing-masing. Karena memang tak mudah bagi tutor untuk mengajar anak-anak yang mempunyai karakter yang berbeda, belum juga tutor harus memahami keinginan mereka yang berbeda usia, tentunya kita harus sabar dalam menghadapi anak usia pra sekolah yang lebih dikenal dengan "Golden Age".
Karena masa-masa seperti itu anak-anak sangat aktif bahkan ada yang hyper aktif.

Kursus ini sangatlah penting untuk kalangan tutor yang ingin maju dan profesional dalam kegiatan belajar mengajar, tentunya mereka nanti tidak akan kewalahan dalam menghadapi semua masalah yang ada di sekolah. tutor juga diharapkan aktif dalam mengikuti materi yang diajarkan oleh para dosen yang cukup terkenal dan punya nama ini. Para dosen yang membimbing mereka antara lain dari kalangan profesional yang sudah pengalaman dan sudah mengajar di universitas ternama (Unsika, UPI, UIN).

Tutor yang mengikuti kursus ini diharapkan natinya mereka mempunyai rencana tersendiri untuk melengkapi kekurangan-kekurangan yang yang selama ini menghantui para tutor, " Saya ikut kursus ini supaya bisa memehami konsep dan pembelajaran Paud khususnya di Paud kami yang memang masih memerlukan pembelajaran yang aktif buat anak, kami bersyukur Himpaudi Kabupaten menyelenggarakan kursus seperti ini, sehingga membantu kami yang sangat memerlukan pembelajaran mengenai Paud, juga bisa menembah wawasan dan teman-teman seperjuangan. " kata Eni Suhaeni tutor dari Kecamatan Jayakert.

Walaupun mereka mengikuti kursus yang padat dan ketat sekali aturannya, tetapi masih banyak tutor yang tidak memperdulikan peraturan tersebut, contoh keterlambatan, ada yang membawa anak kecil, juga ada yang cuek bebek sama sekali tidak konsentrasi, mereka cuma butuh nyanyian (gerak dan lagu) dari dosen. selain itu masih banyak kekurangan yang disediakan oleh Panitia kursus, khususnya mengenaik fasilitas, contoh Tempat Parkir yang kurang luas, tempat ibadah yang belum memadai dan toilet kurang memuaskan sehingga mereka harus antri.
Mungkin Panitia belum bisa memberikan fasilitas yang memuaskan, karena memang panitia baru nyoba dan tidak akan tahu akan membludak para peserta. insya allah kedepan panitia akan memberikan fasilitas yang memuaskan dan kenyamanan bagi para peserta.

Bagi para bloger tentunya tulisan ini tidak bisa memuaskan anda, selain memang kurang menarik, dari tata bahasanya saja anda sudah dapat menebak, tetapi saya minta maaf dengan kekurangan ini, maklumlah penulis hanya berlatar pendidikan yang kurang memadai, sehingga wajarlah kalau anada menemukan tulisan ini kriyuk..kriyukkkkkkkkk garing dan hambar.
Tetapi Penulis justru ingin menerima tanggapan dari anda, kritik dan saran sangat saya harapakan, semoga keritikan dan saran akan memberikan suatu pengalaman dan wawasan sehingga akan menjadikan tulisan saya bisa diterima dan memuaskan anada nantinya.
akhir kata Wassalam

Selasa, 12 Mei 2009

Telah Di Temukan Kitab Al Qur'an Terkecil Di Dunia

Pada tanggal 12 Hari selasa ba'da Dzuhur
Telah ditemukan sebuah kitab Al Qur'an berukuran Lebar 1.7cm dengan panjang 2,5 cm
sebelumnya, seminggu yang lalu saya telah kehilangan sebuah laptop bermerek acer dan uang cash sebesar Rp. 200.000 karena rumah kami kepalingan. tetapi saya sabar karena saya tahu itu sebuah cobaan yang Allah telah berikan kepada keluarga kami, padahal laptop itu adalah tulang punggung keluarga kami, karena laptop itu Alhamdulillah... dengan ijin Allah saya bisa menghidupi keluarga saya sehari-hari maksudnya dalam segi ekonomi, namun sekarang laptop saya telah raib digond0l maling sehingga kami sekeluarga merasa kebingungan, tetapi kami tetap bersabar semoga laptop itu bisa kembali ketangan saya kembali, bagaimanapun caranya.

Doa saya terkabul, bahwa hari ini tepatnya selasa saya menemukan kitab Al Qur'an yang berukuran kecil, namun kami masih bingung, karena kami tidak punya koleksi barang-barang unik, dengan ini blog atau informasi yang saya terbitkan adakah para kolektor yang bisa menghubungi saya, mungkin ditangan anda kitab ini lebih terawat dan bisa menambah koleksi anda. terimakasih.
Wassalam

Senin, 11 Mei 2009

Looking for Science

First, let's thank to God Allah, and all prices to him, the Lord of the world, the creator of everything in the universe who has given us the mercies and blessing until we can attend this meeting in this place.
Secondly, peace be upon to our prophet Muhammad pbuh, Who has moved our soul from the bad character to the good one. Who had guided us from the drakness to the lightness in this world as well as in the of judgment.
Thirdly, I'll never forget to all of you, who has passed away or gived a message

You must know that looking for science is the whole moslem's obligation. even the human kind in the world . It is called by our prophet Muhammad in this hadits " The ecquistion of knowledge is a duty incumbent on every moslem, male and female."
Why our prophet Muhammad obligate us looking for science? Because science is very important to our life. With science we can conquer the creatures in this world, like mountains, sky, moon, sun, fier animal and planets.
With scienc we can be leader of al creatures in his world, We can be the best because of our science. If we don't have will be like the other creatures. We will be foolish men and we do not know anything. So we will be worse than the craetures As like my said above, that looking for science is very important in this life, because with science we will get fortunate in the world or in the hereafter. Therefore. Who want to get fortunate in this world,they must have scienc of the world, so that who want to get fortunate in hereafter, they must have science of religion and di it in they life everyday. like said by our prophet Muhammad said: "Whosoever wants the world the world he should have knowledge, wosoever wants the next world hereafter he sholud have knowledge, too and whosoever wants both, the world and the next world hereafter, he should have knowledge."
From this a message of our prophet Muhammad, we can to conclude that how the important of the science by life of man. Because the science, Allah wants to rise man high rank.Allah says in holy Qur'an in Mujadalah verses 11: " Allah ill exalt those who belive among you and those who have knowledge to high ranks...."
Because the knowledge to distinguish man and animal. Therefore, the knowledge is very important by man of life. Allah says in holy Qur'an that the first verses was downed is verses of Al A'laq and begin with IQRA' word the mean is read. This is to indicate that rading is good methode to get science, without reading man difficult to get knowledge.

As human being, we have reason and intellegence. With this reason, we can look for science that will make us diffrent from animal. The other creaturs like animal and plat are unable to look for science, because they have no reason. That is why man is usperior to other creaturs. For example, man can conquer all creatures in this world such as huge mountain, giant trees, wild animal and so on.

We can imagine, supose if we had knowledge, wiil be the same as the other creatures even worse than they are. Look at a crazy man, He is worse than animal, isn't? Time and place do not limit looking for science. The holy Prophet said: " Seek knowledge from the cradle until the grave."

Islam ordains a long life edication. As long as we are still a live, we still have obligation looking for knowledge.

Dear moslems !
That is all for the time being, it is hoped taht you have understood this a message. Finally, I would like you to forgive me if I made mistakes in this a message.
Thank a lot for your reading. I Will be happy and interesting if you give me comment.

Sabtu, 09 Mei 2009

PAUD LYRICS

Assalamualaikum wr wb.
Hi teman-teman apa kabar semua? semoga kalian ada dalam lindungan Allah SWT selalu, O, ya sekarang ini banyak sekali Paud-Paud baru bermunculan, berarti Paud sudah banyak di kenal masyarakat, ini membuat kami yang ada di PKBM sangatlah bahagia dan gembira tentunya, Tapi mereka mendirikan PAUD bukan berarti mereka ingin mendapatkan Tunjangan Fungsional (insentif) bukan ? "Wah... semoga bukan karena itu, karena belajar atau mengajar di paud itu harus banyak amal dan iklas, kita mendirikan paud untuk menolong mereka yang tidak mampu sekolah ke TK atau RA jadi semoga saja kerja keras kalian diberkahi oleh Allah Amiin... !

O,ya ini ada kenang-kenangan dari kita, beberapa nyayian yang kita peroleh sewaktu kita ikut Jambore Pelangi Di Villa Billabong Bogor. selamat berkarya ya..!

Anak Paud
Aku anak paud tidak takut dan malu
Karena ibu guru sangat sayang padaku
Mama dan Papa silahkan pulang dulu
Tiba waktu pulang mama papa jemput aku

Tepuk Budaya
Amerika, Australia,
India aca... aca...
China Ghong xi Fat Choy
Papua ugh.....ugh......
Bali cak kecak kecak
Jakarta ondel-ondel
Jawa Barat Jaipongan
Aku kamu berbeda tapi tetap satu jua
Bhineka Tunggal Ika
Maju terus Indonesia

How To Say It

Greeting
Questions/Statements Answer/Responses

Good morning , Good morning
Good afternoon, Good afternoon
Good evening, Good evening
Good night, Good night
Hi, Hi
Hello, Hello
How are you ? Fine/I'm very well
How is life ? Ok
How is it going ? Very Well
How are you doing ? Not too bad
Long time no see. Yeah !

INTRODUCING YOURSELF

Questions/Statements Answers/Responses

Hi, I'm marta. Call me arta, Nice to meet you
Hi, I'm Julia, Hi, nice to meet you, I'm Aldo

A Presidential Candidate Debate

Hi all, Frirst and foremost I wolud like thank to god forgiving me health, and no I never forget thank to all kids in paud al mudawamah or Himpaudi Kec. Jayakerta, Hi guys.... are you Ok ? and also thank to all people I have ever seen, right ..... this 3rd text for you are student at al mudwamah.

Last night there were three persons Ferdy, Badrun and Candra, talking about a Presidential Candidate Debate at the guard post.
"What is meant a Presidential Candidate Debate ?", asked Candra. "Well, a Presidential Candidate Debate is open debate for a Presidential candidate. it is a debatae that is held before presidential candidate are running for presidentcy. It is done before the voters vote their President and Vice President", Ferdy explained.
But, " Is a Presidential Candidate Debate necessary for us ? ", Candra asked again.
" Of course. It is very necessary for our country as democratic state. You know taht the main aim of this debate is to help the voters to decide which presidential candidate to elect. It is a good media for the people to know and understand their coming leader", answered Ferdy.
" How often does our country hold a direct general election ", Badrun interrupted.
" In fact, it is the first time for, Indonesia to hold such a debate since we proclaimed our independence in 1945. And it is proved that we can. We can run this big event successfully," Candra answered.
The direct general election and direct presidential election were over. A lot of observers either from indonesia or even foreign observers from America, Europe, Asia and Australia were satisfied and admired of what our country had just accomplished. They said that Indonesia was one of the biggest new democratic sates in the world.
"It means that we are able to run a complicated general election.It is unbelievable that we can do such a big event. Fancy that we have thousnds of islands and hundreds of tribes and languages," Badrun remarked.
Since then , some foreign leaders have visited and met the new President and Vice President to congratulate on the success of the general election. And they also hope to cooperate between the two countries based on the same right.

A. Answer the following questions.
1. Where did they talk about a Presidential Candidate Debate ?
2. Did All Votes use the rights to vote ?
3. What is the purpose of a Presidential Candidate Debate ?
4. How often did Indonesia hold a Presidential Election directly ?
5. When was the Presidential Candidate Debate talking place ?

B. Make sentences using the words below.
1. Held (v) :
2. Decide (v) :
3. People (n) :
4. Satisfied (adj) :
5. Event (n) :


writen by Slamet Riyanto

The Power Of A Shopping Mall

Read this text first, then answer these questions below

Today a shopping mall can be found in every city like Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Denpasar, Makasar, Jogjakarta, Semarang, Banjarmasin, and many others.

The shopping mall has become a magnet for everyone. it has attracted a lot of people to visitand have a look and maybe buy something they want. It can be used as a place recreation. They just want to relax. Or they just want to follow the latest mews of the latest computers, handphone, fashion, books, furniture and many more.
Since establishment the Shopping Mall, people surrounding th have changed their way life. They have to work hard day and night in order to be able to go shopping in it. Students, office workers, labors, traders and even beggars are strongly influenced. Student study hard in order to get their ambition. Office workers work hard in order to live in prosperity. Labor work overtime in order to live satisfactorily. Traders use the changing of people's way life to increase the profits of their businesses. And even beggars try to arise the sympathy of the people passing by. In addition, being a government civil servant has not become their goal. Working hard proves to be much better. Wasting time turn to be useless.
The shopping mall is powerful. it teaches the visitor how to live in a modern life, how to communicate with other people, how to live orderly, how the advance of technology has influemced their life, and many others.
Since then, a lot of people go shopping in the shopping mall. They seldom go to a traditional marjet anymore especially if they want to buy luxurious things. Though, the same thing with the same quality from a traditional market is sold high in the shopping mall but they feel satisfied and proud with their shopping bags from the shopping mall.

A. Answear the following questions.
1. Where can we find a shopping mall ?
2. What is another function of a shopping mall ?
3. Who were influenced by the shopping mall ?
4. How do you know that the shopping is powerful ?
5. Why do people go shopping in the shopping mall ?

B. Fill the blanks with suitable words below
beggars - goal - quality - latest - in order to
1. I want to buy the.................handphone. Do you have one ?
2. The worker use their helmet.........protect their heads.
3. You may not be rude even to the.......................
4. What is the ....................... of this mission ?
5. This product has the same ..................... as that one.

writen by Slamet Riyanto and Ahmad S

WATCH THIS