Jumat, 15 Mei 2009

Bagaimana Caranya Membuat APE (Alat Permainan Edukatif)


Apabila kita berbicara mengenai PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini terkadang ingatan kita bahwa Paud berbeda dengan TK/RA, memang kadang kita tidak bisa membedakan Paud dan TK/RA. Baiklah dalam kesempatan ini terlebih dahulu penulis ingin memberikan sebuah penjabaran antara Paud dan TK/RA.
Sebenarnya Paud itu ya TK/RA juga Kober, TPA dan Pendidikan yang sejenisnya yaitu antara 0-6 tahun semua jenis pendidikan di usia itu disebut Paud, walau begitu mungkin karena ada perbedaan. Kalau TK/RA masuk kejalur pendidikan formal sedangkan Pos Paud, Kober dan sejenisnya disebut Pendidikan Non Formal dan yang ketiga adalah jalur Pendidikan Informal yaitu ketika bayi yang baru lahir sampai bayi tersebut mandiri dalam artian bisa berjalan dan berbicara itu diajarkan oleh Orang tua.
dengan adanya penjabaran ini semoga anda tidak keliru lagi dalam menyebut Paud, karena temuan penulis banyak guru-guru TK/RA yang tidak mau disebut guru Paud.

APE
APE adalah alat permainan edukatif setiap pembelajaran di usia dini tentunya kita harus menyediakan yang namanya APE, Karena dapat membuat anak jadi tambah senang dan bisa berexplorasi dengan pembelajaran sesuai tema, maka kita harus menyediakan alat edukatif tersebut.
Pembuatan APE sebenarnya mudah sekali asal kita cermat dan teliti, bahkan kita juga bisa mendapatkan atau membuat alat tersebut dengan bahan yang murah yang ada di saekeliling kita, bahkan dari bahan yang tadinya sampah hingga berjual ekonomis yang tinggi yang penting kita bisa memenejnya dengan baik dan seorang tutor harus kreatif.

Tidak ada komentar:

WATCH THIS