Senin, 25 Mei 2009

KELOMPOK BELAJAR USAHA

Kabupaten Karawang memang sedang menggalakan pemberantasan buta aksara, Hampir 4 Tahun kebelakang Pemerintah Kabupaten ini tidak ada lelah-lelahnya untuk mengadakan berbagai kegiatan yang intinya untuk memberantas buta aksara, sehingga penduduk kabupaten karawang yang tidak bisa calistung nantinya mereka akan mendapatkan pembelajaran selama 32 hari dalam kegiatan kelompok belajar Keaksaraan Fungsional (Kf), ini telah berjalan selama 4 tahun dan hasilnya sangat memukau, keberhasilan kabupaten tersebut dengan mengandalkan KF Inofa Kreatif.

Sealin keberhasilan KF Inova Kreatif, Drs.H.Dadang S Muktar sebagai Bupati Kabupaten ini sidah menggulirkan dana untuk Taman Bacaan Masyarakat(TBM) yang sudah berjalan di beberapa Kecamatan yang ada di kabupaten yang terkenal dengan goyang jaipong, adanya TBM ini diupayakan agara para lulusan Keaksaraan Fungsional dapat membaca, menulis, berhitung dan mengaplikasikan pembelajaran yang telah mereka tempuh. Makanya pemerintah kabupaten karawang mengadakan TBM, Mobil Pintar berkeliling.

Baru-baru ini Pemerintah Kabupaten Karawang akan menggadakan Kelompok Belajar Usaha yang diperuntukan bagi lulusan warga belajar Keaksaraan Fungsional yang aktif dan mempunyai usaha, nantinya mereka belajar usaha melalui pembelajaran selama 3 bulan kedepan, kemudian mereka akan mendapatkan modal sebesar Rp. 500.000.00,-/warga belajar. Dana tersebut akan diberikan melalui Kelompok KBU yang ada di kecamatan di Kabupaten Karawang, setiap Kecamatan mempunyai tiga kelompok, satu kelompok terdiri dari 20 orang, sehingga satu keompok akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp.10.000.000.00,-. Dana tersebut dari anggaran APBD II Kab. Karawang Tahun 2009.

Pada kesempatan ini penulis mengikuti pelatihan Kelompok Belajar Usaha (KBU) yang diselenggarakan oleh Disnaker dan Dinas Pendidikan serta Pemda Kabupaten karawang yang bertempat di Balai Latihan Kerja (BLK Disnaker), pelatihan ini nantinya akan memberikan pengetahuan mengenai kiat-kiat wirausaha kepada warga belajar dan tutor pendamping

Tidak ada komentar:

WATCH THIS